Penggunaan Media Sosial di Kalangan Beauty Enthusiast

Halo sobat Jannes! Kali ini Janne akan memberikan informasi seputar media sosial apa aja sih yang penting bagi para beauty enthusiast. Janne juga bakal ngasih tau fakta-fakta menarik buat sobat Jannes sekalian, seperti 5 brand kecantikan dengan followers terbanyak di Instagram, 5 channel terkait kecantikan dengan subscribers terbanyak di Youtube, dan lain-lain. Ohiya! Ada tips n trik juga loh! Tips n trik apa ya kira-kira? Yuk kita simak!

Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah sebuah platform daring yang digunakan untuk kebutuhan penggunanya berkomunikasi jarak jauh sehingga terjadi proses interaksi antara user satu dengan user lainnya. Media sosial juga dapat digunakan untuk berbagi informasi yang mengharuskan pengguna menggunakan aplikasi dan terhubung dengan jaringan internet.

Perkembangan penggunaan media sosial yang digunakan oleh beauty enthusiast

Tentunya media sosial sudah tidak asing lagi bagi sobat Jannes! Seiring terus berkembanganya terobosan baru di dunia media sosial dan juga meningkatnya figur-figur baru berbakat di bidangnya, membuat para masyarakat tidak bisa lepas dari media sosial. Tak terkecuali bagi beauty enthusiast, banyak dari mereka yang memulai konten kecantikannya dari menulis artikel atau blog hingga terjun ke media sosial. Awal mula para beauty enthusiast ini kerap memberikan pengalaman dan membagikan informasi seputar kecantikan melalui blog. Seiring waktu, bermunculan media sosial yang bisa membuat penulis dan pembaca lebih interaktif. Contohnya adalah ask.fm, facebook, twitter, instagram, dan lain-lain. Ask.fm ini kerap digunakan para beauty enthusiast untuk menjawab anonymous questions dari para pengikutnya seputar tips n trik, saran produk kecantikan dan kosmetik. Lalu, ada facebook dan twitter yang juga digunakan beauty Enthusiast untuk membagikan konten menarik melalui tulisan, foto, hingga video. Nah sobat Jannes, yang paling digemari saat ini oleh para beauty Enthusiast yaitu Instagram dan Youtube. Selain karena mudah dan simple digunakan, media sosial ini membuat para beauty enthusiast dapat membuat konten konten yang lebih beragam melalui live ig, IGTV, live youtube, video youtube dan lain-lain. Dan yang lagi tren dikalangan masyarakat saat ini yaitu platform Tiktok. Para beauty Enthusiast banyak yang terjun ke media sosial Tiktok dengan memberikan konten melalui kompilasi video tutorial, share review make up secara singkat, rekomendasi skincare dan kosmetik. Meskipun dengan durasi waktu yang terbatas, konten yang diberikan biasanya menarik dikarenakan adanya filter, background audio/music, dan lain-lain.

Manfaat dari Penggunaan Media Sosial bagi Beauty Enthusiast

Saat ini media sosial memiliki potensi yang bagus sebagai saluran yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan luas. Manfaat dari penggunaan media sosial juga dapat dirasakan oleh para beauty enthusiast, seperti metode iklan endorsement, yaitu strategi pemasaran yang melibatkan para influencer untuk membantu mempromosikan suatu produk. Selain itu manfaat lainnya adalah, para beauty Enthusiast dapat berkumpul via online dan berteman, setelah itu mereka dapat saling membagikan cerita dan pengalaman mengenai beauty melalui platform media sosial pribadi mereka.

Media sosial yang kerap digunakan oleh beauty enthusiast untuk menyebarkan konten beauty

  1. Instagram
  2. Beberapa sosial media yang sering digunakan di Indonesia, salah satunya ada Instagram. Instagram atau masyarakat sering menyingkatnya IG adalah sosial media yang memungkinkan penggunanya berbagai post foto dan video serta membuat Instagram story. Tercatat 80% orang Indonesia menggunakan Instagram, berdasarkan data dari We Are Social. Dari hal tersebut, kita dapat mengetahui bahwa 120 juta dari 150 juta pengguna sosial media di Indonesia merupakan pengguna Instagram.

  3. Youtube
  4. Sosial media selanjutnya yang sering digunakan di Indonesia adalah Youtube. Youtube adalah sebuah media sosial tempat para penggunanya melihat, mendengar, mengirim, dan berbagi video mengenai konten yang beragam. Tercatat bahwa terdapat 88% orang Indonesia telah menggunakan Youtube, berdasarkan data dari We Are Social. Berarti sekitar 132 juta orang di Indonesia telah menggunakan Youtube. Para beauty enthusiast paling banyak memilih Youtube untuk membagikan kontennya.

  5. Titkok
  6. Sosial media selanjutnya adalah TikTok. TikTok termasuk dalam 10 sosial media terpopuler saat ini. Aplikasi ini muncul pada 2016 dan dikembangkan oleh perusahaan ByteDance yang bermarkas di China. Tiktok adalah sosial media yang dimana penggunanya dapat membagikan video berdurasi singkat dengan menampilkan musik sebagai latar belakangnya dan berbagai fitur edit. Tiktok dapat digunakan oleh penggunanya untuk membuat video pribadi, promosi, maupun kepentingan-kepentingan lainnya. Saat ini tercatat bahwa terdapat lebih dari 500 juta pengguna aktif yang ada di Tiktok. Di sosial media ini, influencer dan pengguna juga lebih aktif berinteraksi dengan cara yang berbeda dari platform media sosial lainnya.

  7. Twitter
  8. Sosial media selanjutnya ada Twitter, ini merupakan sosial media yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan teks hingga 200 karakter atau yang biasa disebut dengan tweet dan bisa di tambahkan video maupun foto.

    Dampak Media Sosial terhadap Minat Beli Masyarakat pada Makeup

    Seperti yang sudah kita ketahui bahwa media sosial merupakan saluran yang dapat menyebarkan informasi secara cepat dan luas, contohnya pada penyebaran informasi tentang suatu produk makeup tertentu yang dibagikan oleh para beauty enthusiast melalui platform media sosial pribadi mereka. Biasanya masyarakat akan cenderung mengikuti saran produk makeup tertentu setelah melihat beauty enthusiast yang mereka ikuti membahasnya. Dengan dampak dari media sosial ini, akan banyak masyarakat yang terpengaruh untuk membeli suatu produk makeup yang direkomendasikan oleh beauty influencer/beauty enthusiast. Dapat dikatakan bahwa minat beli masyarakat terhadap produk makeup sangat tinggi karena dampak dari media sosial dan dibantu oleh pemasaran produk makeup oleh beauty influencer/beauty enthusiast.

    Tips n Trik Memulai Menjadi Beauty Vlogger di Sosial Media

    Disini ada ga sih yang pengen jadi beauty vlogger? Janne mau kasih kalian sedikit tips n trik nih! Pertama kamu harus perhatikan adalah membuat perencanaan, kamu perlu membuat perencanaan jenis konten yang akan dibagikan melalui akun media sosialmu. Misalnya kamu hanya fokus pada tutorial make up, atau kamu juga ingin membagikan tips dan review produk kecantikan atau bisa dengan membuat konten sesuai dengan request followers kamu. Lalu kamu juga harus konsisten dalam membuat konten, bisa dengan membuat jadwal untuk konten yang kamu buat. Kamu juga harus jadi dirimu sendiri, buat style mu sendiri agar memiliki ciri khas tanpa meniru vlogger yang lain. Karena hal inilah yang akan membedakan kamu dengan vlogger lainnya. Harus percaya diri dan jangan ragu menjadi dirimu sendiri dalam membuat konten ya, Sobat Jannes! Kalian juga bisa mengikuti berbagai event ataupun lomba kontes kecantikan untuk menambah pengalaman kamu!

    Tantangan Beauty Enthusiast di Kala Pandemi Covid-19

    Pandemi Covid-19 kini masih terus terjadi di belahan bumi manapun. Hal ini pula yang turut mengubah kebiasaan, pola hidup, dan perilaku konsumsi masyarakat. Tak terkecuali bagi seorang beauty enthusiast nih sobat Jannes! Mereka turut melakukan perubahan aktivitas yang sering dibagikan kepada para pengikutnya melalui media sosial. Dalam membuat konten kolaborasi dengan sesama beauty enthusiast, mereka tetap bisa melakukan kegiatan seru dan menarik walaupun secara online. Belum lama ini para beauty enthusiast melakukan tren challenge, contohnya Pass The Brush Challenge yang merupakan kompilasi video para beauty enthusiast yang seolah olah melakukan/memberikan makeup brush secara estafet. Tantangan selanjutnya bagi beauty enthusiast adalah pembelian produk produk kecantikan dan kosmetik melalui platform daring. Nah sobat Jannes! Dalam pembelian produk secara online disaat pandemi tentu menjadi sebuah perhatian khusus di benak masyarakat. Tentunya beauty enthusiast perlu memperhatikan keamanan dan kebersihan produk yang mereka beli secara online. Salah satu contohnya dengan adanya tren Clean Beauty, para beauty enthusiast mengedepankan penggunaan skincare dengan minim ingredient. Hal ini dikarenakan produk dengan minim ingredients dapat lebih menyehatkan kulit dan meminimalisasi risiko alergi/iritasi. Dan tantangan yang paling dirasakan saat ini adalah edukasi. Bagi seorang beauty enthusiast tentunya dengan memiliki banyak followers di media sosialnya, mereka perlu membagikan konten konten yang bermanfaat dan edukatif. Terlebih saat pandemi Covid-19, beauty enthusiast atau beauty influencer perlu menjadi contoh yang baik bagi para pengikutnya.

    5 Brand Kecantikan dengan Followers Terbanyak di Instagram

    1. Kylie Cosmetics
    2. Kylie Cosmetics (@kyliecosmetics) adalah brand kecantikan yang didirikan oleh Kylie Jenner. Kylie sendiri sebelumnya terkenal sebagai anak dari Kris Jenner dan Bruce Jenner atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Caitlyn Jenner dari sebuah acara TV terkenal, yaitu Keeping Up with the Kardashians. Berawal dari penjualan Kylie Lip Kits pada 30 November 2015, Kylie kemudian merubah nama usahanya menjadi Kylie Cosmetics. Forbes melaporkan bahwa pada 2019, perusahaan Kylie Cosmetics bernilai $ 900 juta. Terbukti dari kesuksesannya tersebut, Kylie Cosmetics pun menjadi brand kecantikan dengan followers terbanyak di Instagram, nih sobat Jannes! Janne lihat-lihat Instagramnya Kylie Cosmetics sudah mencapai 25,3 juta followers (per 12/03/2021) loh. Wah, banyak banget ya!

    3. MAC Cosmetics
    4. MAC Cosmetics atau yang biasa disebut sebagai M·A·C adalah sebuah produsen produk kecantikan yang didirikan oleh Frank Toskan dan Frank Angelo pada 1984 di Toronto. MAC sendiri merupakan singkatan dari Make-up Art Cosmetics. Pada tahun 1996 MAC kemudian menjadi anak perusahaan dari Estée Lauder Companies. Keberhasilan MAC salah satunya dapat dilihat dari banyaknya followers mereka pada lama Instagramnya nih, sobat Jannes. Ternyata followers dari MAC Cosmetics (@maccosmetics) sudah mencapai 23,9 juta followers (per 12/03/2021) loh sobat Jannes! Keren ya!

    5. Sephora
    6. Sephora merupakan retailer dari produk perawatan dan kecantikan diri yang didirikan oleh Dominique Mandonnaud pada 14 Agustus 1969, yang kemudian dimiliki oleh Moët Hennessy Louis Vuitton (LVMH) pada 1997. Sephora dicatat telah menjual sekitar 300 brand produk perawatan dan kecantikan selain brand Sephora sendiri. Pada laman Instagram resminya (@sephora), sephora telah meraih posisi nomor tiga sebagai brand kecantikan dengan followers terbanyak di Instagram, yaitu dengan jumlah followers sebanyak 20,6 juta followers loh sobat Jannes! (per 12/03/2021).

    7. Anastasia Beverly Hills
    8. Anastasia Beverly Hills atau yang biasa dikenal sebagai ABH merupakan perusahaan kosmetik yang berasal dari Amerika Serikat yang didirikan oleh Anastasia Soare pada tahun 1997 di Beverly Hills, California. Pada tahun 2018, ABH dilaporkan bernilai $ 3 miliar dan memiliki pendapatan operasional lebih dari $ 200 juta. Sejak produknya diluncurkan, Anastasia Beverly Hills telah menjual lebih dari 485 produk di lebih dari 2.000 toko di seluruh dunia, termasuk Dillard's, Macy's, Nordstrom, Sephora dan ULTA. Produk mereka juga dijual di lebih dari 25 negara. Kesuksesan ABH lainnya adalah bahwa ABH menempati posisi keempat sebagai brand kecantikan dengan followers terbanyak di Instagramnya (@anastasiabeverlyhills), yaitu dengan jumlah followers sebanyak 20 juta followers (per 12/03/2021).

    9. NYX Professional Makeup
    10. NYX Professional Makeup merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kecantikan yang didirikan oleh Toni Ko pada tahun 1999 di Los Angeles. Produk dari NYX tercatat telah dijual di ribuan retailer di lebih dari 70 negara. Sobat Jannes pada tau gak nih berapa sih jumlah followers di laman Instagram resminya NYX (@nyxcosmetics)? Secara, NYX kan terkenal banget! Apalagi produk lip creamnya! Nih Janne kasih tau ya, ternyata followernya NYX banyak banget loh, yaitu ada 14,7 juta followers! (per 12/03/2021).

    5 Channel Terkait Kecantikan dengan Subscribers Terbanyak di Youtube

    1. James Charles
    2. James Charles Dickinson lahir di Bethlehem, New York pada 23 Mei 1999 adalah seorang selebriti internet dan artis tata rias yang berasal dari Amerika Serikat. James Charles menjadi ambassador pria pertama untuk CoverGirl pada tahun 2016, ia juga menjadi dikenal karena saluran Youtube-nya yang berfokus pada kecantikan yang ia mulai sejak 1 Desember 2015. Saat ini James Charles menduduki peringkat pertama sebagai channel terkait kecantikan dengan subscribers terbanyak di Youtube yang mana ia memiliki total sebanyak 25,7 juta subscribers di saluran Youtubenya (per 12/03/2021). Saluran Youtube dari James Charles ini juga memiliki lebih dari 1,7 miliar kali dilihat di Youtube. Pada Streamy Awards ke-8, James Charles telah memenangkan penghargaan sebagai saluran Youtube terbaik dalam kategori "Beauty". Wah hebat ya sobat Jannes!

    3. Yuya
    4. Mariand Castrejón Castañeda atau yang lebih dikenal sebagai Yuya adalah vlogger kecantikan dan Youtuber Mexico yang lahir pada 13 Maret 1993. Yuya membuat saluran Youtube-nya, yang disebut "lady16makeup" pada tahun 2009 setelah memenangkan kontes tata rias Youtube ketika dia berusia 16 tahun. Pada Maret 2016, Yuya adalah salah satu dari tujuh pembuat konten Youtube wanita yang bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa Kampanye Aksi Pembangunan Berkelanjutan yang bertujuan untuk "mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua wanita dan anak perempuan". Kira-kira sobat Jannes pada tau gak nih berapa banyak subscribernya Yuya di Youtube? Ternyata saat ini sudah mencapai 24,6 juta subscribers (per 12/03/2021) loh sobat Jannes! Wah keren banget ya!

    5. Jeffreestar
    6. Jeffree Star (Jeffrey Lynn Steininger Jr) adalah seorang pengusaha Amerika, Youtuber dan penyanyi, serta pendiri dan pemilik dari Jeffree Star Cosmetics sejak November 2014. Pada tahun 2018, Star memperoleh $ 18 juta dari upaya Youtube-nya saja, menurut Forbes, Jeffree Star merupakan bintang Youtube dengan bayaran tertinggi kelima pada Desember 2018. Jeffree Star sangat terkenal dengan gaya ciri khasnya yaitu berpenampilan ala drag queen. Saat ini (per 12/03/2021), tercatat bahwa saluran Youtube dari Jeffree Star sudah mencapai 16,6 juta subscribers. Sobat Jannes ada yang men-subscribes salurannya Jeffree Star juga gak nih?

    7. Nikkie Tutorials
    8. Sobat Jannes pada tau gak sih kalo Nikkie Tutorials adalah beauty influencer ternama dengan bayaran tertinggi sepanjang tahun 2018! Nikkie Tutorials yang memiliki nama asli Nikkie De Jager ini, merupakan perempuan kelahiran Wageningen, Belanda yang memiliki pendapatan sekitar 1,1 juta dolar AS atau Rp 16 miliar pada 2 tahun belakangan ini. Sobat Jannes pada tau gak nih total kekayaan dari Nikkie? Ternyata total kekayaan dari Nikkie Tutorials diperkirakan lebih dari $ 2 juta atau setara dengan Rp 29 miliar. Saat ini Nikkie Tutorials masih menggeluti profesinya sebagai makeup artist, beauty vlogger, beauty influencer, serta bekerjasama dengan beberapa brand kecantikan ternama. Kesuksesan dari Nikkie Tutorials ini bisa kita lihat juga dari jumlah subscribers di saluran Youtubenya dia nih sobat Jannes! Ternyata totalnya ada 13,8 juta subscribers (per 12/03/2021)! Kalo subscribersnya segitu, Nikkie udah gak perlu mikirin uang belanjaan lagi kan ya sobat Jannes?

    9. SaraBeautyCorner
    10. SaraBeautyCorner merupakan Youtuber asal Norwegia yang membuat video terkait kecantikan dan DIY (Do It Yourself) atau yang lebih dikenal dengan tutorial. SaraBeautyCorner tercatat sudah memulai saluran Youtubenya sejak bulan Oktober 2012, dengan video perkenalannya yang ia unggah pada Januari 2013, yaitu “OMG! Not another beauty guru:P! A Beauty Trailer from a Beauty Guru Living in Norway”. Saat ini Janne lihat bahwa SaraBeautyCorner sudah mencapai 10,6 juta subscribers (per 12/03/2021) di saluran Youtubenya! Hm.. sobat Jannes ada yang mau seperti SaraBeautyCorner juga gak nih

    Kesimpulan

    Media sosial adalah sebuah platform daring yang digunakan untuk kebutuhan penggunanya berkomunikasi jarak jauh sehingga terjadi proses interaksi antara user satu dengan user lainnya. Media sosial juga dapat digunakan untuk berbagi informasi yang mengharuskan pengguna menggunakan aplikasi dan terhubung dengan jaringan internet. Berkembanganya terobosan baru di dunia media sosial membuat para Beauty Enthusiast ikut terjun dan berkonten di media sosial seperti Instagram, Youtube, Facebook, Tiktok, dan lain-lain. Karena pengaruh Beauty Enthusiast melalui tutorial makeup, tips n trik, dan review produk ini, banyak masyarakat yang terpengaruh untuk membeli produk kecantikan dan kosmetik yang mereka pakai. Apalagi di era pandemi seperti sekarang membuat para beauty enthusiast merubah pola perilaku dan gaya konsumsinya menjadi belanja online. Hal itu pula yang menjadi tantangan bagi mereka karena perlu memperhatikan kebersihan, keamanan, dan kesehatan dari produk kecantikan yang dibeli.

    Nah, Sobat Jannes! Ternyata banyak sekali ya kemudahan dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari penggunaan media sosial, terutama bagi para beauty enthusiast. Mulai dari manfaat, tantangan, hingga tips and trick yang bisa banget Sobat Jannes ikuti jika ingin menjadi beauty vlogger. Kira-kira siapa nih disini yang mau jadi beauty vlogger? Komen di kolom komen yuk biar Janne tau

Komentar

  1. keren banget blognya, bikin kita tau semakin banyak tentang bidang kencatikan. semangat bikin blognya kak!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tren Makeup yang Ada di Indonesia

Mengenal Seputar Majalah Wanita